jazakumulloh khoiron katsiro atas kunjungannya
16

Penyakit Sombong

Bismillah. . .


Menghargai diri secara berlebihan atau sombong menjadi penyakit sebagian manusia. Dalam sabdanya Rosululloh mengatakan sombong itu menolak kebenaran dan merendahkan manusia.

Banyak ayat dan hadist yang melarang pentingnya meninggalkan sifat sombong namun penyakit tersebut seolah sulit dihilangkan oleh sebagian orang.

Setidaknya ada empat hal yang membuat manusia digerogoti penyakit sombong, yakni kekuasaan, pengetahuan, kekayaan dan ketampanan atau kecantikan. Keempat hal itu semuanya dicari orang, jika tidak dinapasi iman terhadap Allah SWT, keempat hal itu bisa menjadi bibit kesombongan. Demikian isi khotbah yang disampaikan mubalig Solo, H Dardiri Hasyim di Masjid Ponpes (Pondok Pesantren) Imam Syuhodo, Sukoharjo, Jumat (17/2) siang tadi.

Pertama, kekuasaan atau wewenang atas sesuatu untuk menentukan. Kekuasaan itu menjadikan orang berada pada tataran atas. Orang yang berkuasa akan membawahi siapa saja. Peluang berada di puncak kekuasaan itulah yang kerap menjadikan manusia lupa siapa dirinya. Seperti halnya saat Firaun menggenggam kekuasaan ia lupa terhadap siapa yang menciptakannya bahkan dengan sombong menyebut dirinya tuhan, “(Seraya) berkata “Akulah tuhanmu yang paling tinggi,” (QS. An Naazi’aat : 24). Sikap Firaun itu mengantarkannya mendapat azab Allah SWT di dunia dan akhirat.

Kedua, Pengetahuan, kepandaian atau segala sesuatu yang diketahui dapat membuat seseorang berbuat apa saja terhadap orang lain dengan pengetahuan yang dimilikinya. Padahal, "di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui," (QS. Yusuf : 76). Sepintar-pintarnya manusia menguasai pengetahuan, ilmu yang dimilikinya hanyalah bagian kecil dari tingginya ilmu Allah SWT.

Ketiga, harta benda atau kekayaan menjadi penyakit yang paling melenakan manusia hingga ia menjadi sombong. Harta kekayaan bisa membuat seseorang melakukan apa saja dan menyuruh orang lain berbuat sesuai kehendaknya. Dengan kekayaan seseorang merasa dirinya cukup dan akan mengaggap orang lain yang tidak cukup membutuhkan dia, kekayaan juga bisa membuat seseorang berbuat semena-mena terhadap orang lain. Allah SWT berfirman, “Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas karena dia melihat dirinya serba cukup,” (QS. Al Alaq : 6-7).

Keempat, ketampanan dan kecantikan. Orang tampan dan cantik banyak dicari orang, sehingga orang tampan dan cantik bisa berbuat apa saja dan mempermainkan orang yang mencarinya. Ketampanan dan kecantikan jika dimiliki orang yang tidak memiliki iman akan berbahaya dan menjerumus kepada kemaksiatan.

Keempat hal tersebut, yakni kekuasaan, pengetahuan, kekayaan dan ketampanan atau kecantikan seharusnya tidak membuat manusia sombong. Keempat hal tersebut harusnya menjadi sarana manusia untuk beribadah dan semakin bersyukur terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT.

Kesombongan hanyalah akan menyengsarakan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Rosululloh SAW bersabda, “tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walau seberat zarrah (atom)”. ( HR. Bukhari)

Allah berfirman, “Dan Tuhanmu berfirman : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina,” (QS. Al Mu’min : 60).

"Kesombongan adalah selendang-Ku (Allah), keagungan adalah sarung-Ku, Siapa melepaskan kedua pakaian itu dari-Ku, maka Aku akan membinasakannya dan tidak akan Aku berikan rahmat kepadanya." (HR. Muslim)

Ali Ra mengatakan manusia tidak patut berlaku sombong karena asal kejadian manusia berasal dari setetes mani dan akhirnya menjadi bangkai dan antara keduanya (kehidupan) membawa kotoran. Dalam hidupnya sesungguhnya manusia selalu membawa kotoran. Lalu, pantaskah berbuat sombong??

16 comments

February 18, 2012 at 12:01 AM

Nice share.
Kunjungi blog aku ya di http://www.sittirasuna.com
^^

Ahahaha. Wah sip sip. Hooh kuwi mas, mentang2 njenengan ayu, ojo sombong lho yo...

February 18, 2012 at 1:03 AM

@Una makacih eaaaa kk
hu uh nanti gueh kunjungi eaaa kk

eaaaa kk. . .cemungut eaaaa
jangan lupa foll back eaaaaa
lam nal kk

:puke!
:D
=)) =)) =))

February 18, 2012 at 4:35 AM

Alhamdulillah, jazaakallohu khoiro, telah mengingatkan lagi....

February 18, 2012 at 5:46 AM

itu dia sob, jangan pernah sesekali mengunakan pakaian Nya, atau siap binasa, ya gak :D

February 18, 2012 at 5:48 AM

setuju! Sombong pancen gawe wong ora bombong nang dunia lan akhirat.

February 18, 2012 at 7:16 AM

ane gk punya apa2 dr ke 4 hal diatas! pastinya ane gak sakit sombong dong! bhahaha
akur, dab! lanjuuutt...

February 18, 2012 at 7:28 AM

@354 Awan Putih Wa iyyaki anti. . .semoga bermanfaat :)
InsyaAllah

February 18, 2012 at 7:30 AM

@Stupid monkey he eh sob. . .sombong adalah milik Allah Yang Maha Esa, makhluk seperti kita tidak pantas menyandangnya hehehe :D

February 18, 2012 at 7:31 AM

@haris widodo yak betuuuuuuul mas bro. . .sombong wi marai konyol hehehe :D

February 18, 2012 at 7:33 AM

@eksak ahahahahahahaha sama dab. . .yang punya ajah ga boleh sombong, apalagi yang ga punya?? hehe
wa iyyaki dab. . .syukron :D

February 18, 2012 at 7:28 PM

Kadang2 kita lupa lho, menilai orang dari kacamata kita misalnya. Kita lupa bahwa kita telah dengan sombong menilai seseorang. Misalnya kita nilai shalatnya, menurut kita belum bagus .. nah berarti kita ngerasa diri kita sudah bagus. Atau ngeliat penampilan orang yg belum berhijab seperti kita. Astaghfirullah ....

February 19, 2012 at 7:15 AM

@Mugniar iyah umi, memang biasanya gajah dipelupuk mata tidak tampak hehehehe
:D

February 19, 2012 at 9:57 AM

Alhamdulilaaah *intropeksi diri*

February 19, 2012 at 10:30 AM

@Annisa Pratiwi Alhamdulillah, sama2 intropeksi diri :)
semoga bermanfaat :D
InsyaAllah

February 20, 2012 at 10:10 AM

kata seorang dai kondang.., 'mengapa harus sombong, kemana aja bawa kotoran., lalu mati jadi bangkai.., mengapa harus sombong...??!,

nice post akhi.., and happy blogging *smile

mf baru sempat mampir soalx sy lg ganti kulit/templet...

February 20, 2012 at 3:21 PM

@Rohis Facebook Alhamdulillah sob, semoga bermanfaat ya :D

wuiiiih. . .template baru ya?? waaah perlu ana liat nih hehehe

Post a Comment

Hujan telah menemuimu. Kini giliranmu. Sampaikan kesanmu tentangnya.

Powered by Blogger.
Strawberry On Top Of Cupcake

Weather Palace

Hitori Janai

Don't Stop Dancing