jazakumulloh khoiron katsiro atas kunjungannya
20

Menghormati Yang Lebih Tua

Bismillah

Bila engkau ingin membuka pintu-pintu surga, hormatilah kedua orang tuamu. Sebaliknya, bila ingin membuka pintu-pintu neraka maka kedurhakaan kepada orang tua adalah kendaraan yang paling cepat menuju ke tempat jahanam itu. Bahkan, siksanya pun disegerakan tanpa harus menunggu kiamat. Rasululloh bersabda, “Semua dosa akan ditangguhkan Allah sampai hari kiamat, kecuali durhaka kepada orang tua. Maka sesungguhnya Allah akan menyegerakan kepada pelakunya di dunia sebelum meninggal.” (HR Hakim)

Itulah sebabnya, ajaran budi pekerti paling awal adalah pelajaran untuk bersikap santun dan menghormati orang tua. Rosululloh bersabda, “Bukanlah pengikutku, mereka yang tidak hormat pada yang tua dan sayang pada yang kecil.”

"Bukan termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi anak kecil kami." (HR. Abu Dawud dan At-Tarmidzi. Al-Imam An-Nawawi menshahihkannya dalam Riyadhush Shalikhin)

"Barang siapa tidak menyayangi anak kecil kami dan tidak mengenal hak orang tua kami maka bukan termasuk golongan kami." (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 271)

Bahkan, mereka yang mengolok-olok dan menghina orang tua yang lain, sama saja dengan menghinakan kedua orang tua kandungnya sendiri.

“Sesungguhnya di antara sebesar-besar dosa ialah seseorang yang melaknati orang tuanya sendiri.” Para sahabat merasa heran bagaimana mungkin seseorang melaknati orang tuanya padahal mereka adalah penyebab dilahirkannya. Kemudian, para sahabat bertanya, “Bagaimana seseorang melaknati orang tuanya sendiri?” Rosululloh menjawab, “Dia mencaci ayah orang lain dan ia mencaci ibu orang lain.” (HR Bukhari Muslim)

Anak yang saleh tidak hanya mendoakan orang tuanya yang telah meninggal, tetapi tanda-tanda kesalehannya akan tampak ketika dia melanjutkan silaturahminya dengan kerabat dan sahabat orang tuanya.

Suatu ketika, Abdullah bin Umar ra sedang mengendarai keledainya. Tiba-tiba lewatlah seorang Arab gunung. Beliau bertanya pada orang itu, “Bukankah engkau anaknya Fulan bin Fulan?” Dia menjawab, “Benar.” Serta merta Ibnu Umar ra memberikan keledainya sembari berkata, “Naiklah.” Beliau juga memberikan surbannya dan mengatakan, “Ikat kepalamu dengan surban ini.” Melihat hal itu, sahabat-sahabat beliaupun berkata, “Semoga Allah mengampunimu. Mengapa engkau berikan kepada orang Arab gunung itu keledaimu yang biasa engkau kendarai serta surbanmu yang biasa engkau gunakan untuk mengikat kepalamu?” Beliau pun menjawab, “Sesungguhnya aku pernah mendengar Rosululloh SAW bersabda, “Di antara sebaik-baik bakti kepada orang tua adalah menyambung tali kekerabatan dengan keluarga orang yang dicintai ayahnya sepeninggalnya.” Beliau muliakan orang Arab gunung itu karena ayah orang itu adalah teman ayahnya yaitu Umar bin Khattab ra. (HR Muslim)

Pantaslah orang-orang saleh, bila bersilaturahim senantiasa membawa putra dan putrinya, kemudian memperkenalkan mereka kepada sahabat-sahabatnya. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk meneruskan persahabatan dan kekerabatan tersebut. Mereka mengajarkan etika sopan santun kepada orang yang lebih tua. Mereka inilah yang dijanjikan akan mendapatkan kenikmatan surga adnin. (QS. Ar-Ra’du [13] : 23)

Wallahu a’lam

20 comments

February 29, 2012 at 2:21 PM

tadi saya nonton cerita pagi d mnctv dan memunculkan hadits yang sama di akhir cerita: “Semua dosa akan ditangguhkan Allah sampai hari kiamat, kecuali durhaka kepada orang tua. Maka sesungguhnya Allah akan menyegerakan kepada pelakunya di dunia sebelum meninggal.” (HR Hakim)

ngerri aku liat akhir cerita anak-anak durhaka itu. ada yg gila dan jadi gembel semua.. ckckck..mereka dapat azab d dunia.

February 29, 2012 at 2:37 PM

hohohoh~

menghormati yang lebih tuaaa~

February 29, 2012 at 2:48 PM

@hima-rain semoga saja dosa mereka benar2 melebur dengan siksaan dunia, karena akan beribu2 kali jauh lebih pedih siksaan di akhirat kelak, Wallahu a'lam :)

February 29, 2012 at 2:48 PM

@jiah al jafara yoyoi. . .mari :D

February 29, 2012 at 4:00 PM

Surga di telapak kaki ibu ..^^

February 29, 2012 at 4:01 PM

Hmm.. jadi begitu toh alasannya kenapa ortu slalu mengajak anak2'y untuk berkunjung .. OOhh (waduh, saya selalu menolak, lebih baik tinggal sendiri dirumah dr pada hrs ikut hiks.. )

oiya di music box , judul instrument'y apa ya? sering berkunjung ke blog ini, bwt dengerin musik'y .. suka ^_6

February 29, 2012 at 4:40 PM

Wah bagus sekali postingan ini...

February 29, 2012 at 8:06 PM

Ridho orang tua sangatlah penting untk keberhasilan kita.

February 29, 2012 at 9:00 PM

mom..mom..mom..dad.. :) masyaAllah...!

March 1, 2012 at 7:18 AM

@Fahrie Sadah benar sekali sob ^____^

March 1, 2012 at 7:21 AM

@Aeny ahahahahaha ana juga kadang menolak ikut, yah tergantung kondisinya juga sih seperti apa :D

waaaaaaaaaah suka yah :) Alhamdulillah
ini "opening harvest moon" (Ost game harvest moon) ^____^

March 1, 2012 at 7:24 AM

@21inchs semoga bermanfaat mas bro ^____^

syukron. . .

March 1, 2012 at 7:26 AM

@Anak Rantau keberhasilan yang kita capai selama ini memang tak lepas dari ridho beliau ^____^

March 1, 2012 at 7:27 AM

@Puspita Resky Amaliyah MasyaAllah, bahkan Rosululloh mengatakan ibu sampai 3kali baru sang ayah ^____^

March 1, 2012 at 2:41 PM

baiklah, hormaaaat graaak! ^___^
oya saran>redaksional perawi hadits ini dicantumin “Bukanlah pengikutku, mereka yang tidak hormat pada yang tua dan sayang pada yang kecil.” bagus tuh pengen saya sebarin tp gatau perawi haditsnya siapa :)

March 1, 2012 at 8:21 PM

seperti bapak dan ibu ku kalo ke tempat sodara selalu di kenalkan, bahkan saat ke makam saya juga di kenalkan sama makam2 yang ada di sana :D

March 3, 2012 at 8:22 PM

ridho allah ad pd ridho orang tuaa..
aah..peyuk ayah
=D

March 3, 2012 at 8:37 PM
@Nurul Inayah Joisangadji kalo perawi hadistnya ana lupa, tapi itu hadist masyhur kok InsyaAllah :D afwan anti
March 3, 2012 at 8:40 PM
@Stupid monkey waaah penting juga tuh biar tau mana saja makam keluarga kita :)
March 3, 2012 at 8:43 PM
@-ka ana jarang peluk bapak :D paling2 pas lebaran doang hihihi tapi kalo cium tangan sering :)

Post a Comment

Hujan telah menemuimu. Kini giliranmu. Sampaikan kesanmu tentangnya.

Powered by Blogger.
Strawberry On Top Of Cupcake

Weather Palace

Hitori Janai

Don't Stop Dancing