jazakumulloh khoiron katsiro atas kunjungannya
42

Menggali Makna Cinta kepada Allah dan RasulNya SAW

Bismillah. . .


Beberapa hari lalu saya menemukan artikel yang mungkin bermanfaat untuk saya pribadi dan anda sekalian, InsyaAllah. Artikel ini tentang C-I-N-T-A, tanpa sedikitpun meng-edit, saya langsung meng-copas-nya di sini :

Oleh : HM Sazli Nasution. Dari dulu sampai sekarang sangat populer anjuran untuk cinta kepada Allah SWT dan RasulNya Muhammad SAW guna meraih kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat.
Tulisan ini bermaksud sedikit menggali makna ungkapan yang meluas dianjurkan di lingkungan komunitas kaum muslimin dimana pun mereka berada.

Cinta misalnya dapat disebut mahabbah dalam bahasa Arab. Asalnya dari pecahan kata derivasi "habba". Dalam kamus bahasa Arab ditemukan pecahan habba, yuhibbu, hubbun, mahabbatun, habbu, mahbubun, dan lain sebagainya yang mempunyai makna beragam, diantaranya bermakna mencintai, kecintaan, yang dicintai, dan sebagainya.

Di dalam Al Quran juga banyak dijumpai pecahan kata "habba" itu, diantaranya dalam QS Ali Imran ayat 13 antara lain disebutkan Zuyyina linnasi hubbusysyahawati..... dan seterusnya". Dijadikan indah dalam pandangan manusia cinta kepada yang diinginkannya berupa cinta kepada perempuan (sebaliknya wanita cinta kepada lelaki), kepada anak-anak, harta benda emas perak, kuda pilihan (kalau sekarang ini dapat disamakan dengan mobil mewah, pesawat terbang pribadi, kapal pesiar-pen , Wallahu A’lam), hewan ternak, sawah ladang. Itu semua perhiasan dunia. Sedangkan di sisi Allah tempat kembali yang baik yaitu balasan surga (tentunya bagi kaum mukminin yang mensyukuri nikmat Allah SWT dan beramal sholih). 

Status Sosial dan Jadi Kebanggaan

Kepemilikan terhadap hal-hal yang disebutkan tadi juga akan menunjukkan status sosial seseorang. Bahkan menjadi kebanggaan menumpuk dan memamerkan kekayaannya. Sesuai fitrahnya memang manusia diciptakan sangat mencintai harta benda. "Wa innahu lihubbil khairi lasyadid" (QS Al-’Adiyat 8) "Dan sesungguhnya cintanya kepada harta benda benar-benar berlebihan".

Dalam kondisi negatif manusia dapat dilalaikan oleh kesibukannya menimbun harta sebanyak-banyaknya. Dengan segala cara mencari kemegahan. Dia tak kunjung sadar hingga masuk ke liang kubur, seperti disebutkan dalam QS Attakasur 1-3: "Alhakumuttakatsuru hatta zurtumul maqabir. Bermegah-megahan sudah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke liang kubur".

Karena hanya disebutkan "attakatsur", tanpa objek tertentu maka kesibukan mencari kemegahan itu tidak terbatas pada uang, harta benda, tapi juga meliputi kepemimpinan dengan anggota bersifat massal, pangkat jabatan, dan lain sebagainya. Kecintaan itu melupakan manusia terhadap adanya balasan di akhirat nanti.

Lebih jelas lagi pakar tafsir dari Universitas Al-Azhar Mesir Asysya’rawi dalam Al-Mukhtar fi tafsiri Quranil’ Azhim menyebutkan dua makna attakatsur. Yang pertama ditujukan kepada orang yang selalu ingin lebih menonjol dari orang lain, bahkan merasa bangga dengan kepemilikan harta dan lain sebagainya. Yang kedua ia berupaya keras dengan berbagai cara untuk memperoleh hasratnya itu, sehingga muncul penafsiran seperti disebutkan Sya’rawi: "Alhakum hubbuttakatsuri flma tathlabun, Kamu dilalaikan oleh kecintaan mengejar berbagai bentuk kemegahan dunia".

Kehidupan material di dunia ini memang sangat memperdaya manusia. "Wa malhayatuddunya illa mata’ul ghurur" (QS Al-Hadid 20) "Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu".

Kehidupan materialistis juga semakin melanda masyarakat kita di era reformasi ini. Dan yang paling memprihatinkan banyak kaum birokrat terperangkap dalam kasus korupsi karena menumpuk kekayaan dengan menyelewengkan wewenang/jabatannya dan lain sebagainya. 

Diberi Hidayah Mencintai Keimanan 

Contoh lain tentang pecahan kata "habba" terdapat dalam Al Quran Surah Al-Hujurat ayat 7: "Wa lakinnalloha habbaba ilaikumul imana wa zayyanahu fi qulubikum"....dan seterusnya. Allah SWT membuat kaum muslimin (atau memberi hidayah) agar cinta terhadap keimanan yang tertanam kuat dalam hati mereka, sehingga mereka membenci kekafiran, perbuatan fasik atau terus menerus berbuat dosa padahal mengetahui perbuatannya itu salah dan membenci kemaksiatan. Merekalah orang-orang yang berpredikat rasyidin, arif bijaksana yang selalu mempertimbangkan problema yang dihadapinya dengan mencari solusi setelah menanyakan hati nurani mereka. Mereka cerdas karena mereka berilmu.

Dari ayat ini Rasulullah SAW mengajarkan kepada kaum muslimin untuk selalu berdoa, yaitu jika doa bersama berbunyi : "Allohumma habbib ilainal imana wa zayyinhu fi qulubina"... dan seterusnya. Mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan doa kita tersebut.

Atas dasar keimanan, iktikad, pengakuan hati atas kekuasaan Allah SWT, pencipta segala makhluk di langit dan di bumi, muncullah "mahabbah" (cinta) kepada Allah, seterusnya kepada RasulNya Muhammad SAW. Inilah yang digambarkan dalam QS Ali Imran 31: "Qul in tuhibbunallaha fattabi’uni"... dan seterusnya. "Katakanlah ya Muhammad jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah aku (yakni Nabi Muhammad SAW), niscaya Allah akan mencintai kamu. Dia mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang".

Mayoritas penafsir menyebutkan cinta kepada Allah maksudnya ingin taqarrub, mendekatkan diri kepada Allah mengharap ridhoNya, mengharapkan kurniaNya, mengharapkan ampunanNya. Inilah puncak kecintaan dalam kehidupan manusia. Seperti dikemukakan penafsir kontemporer Arab Saudi Assa’di dalam Tafsiril Karimir Rahmani fi Tafsiril Kalamil Mannan, seruan dalam QS Ali Imran 31 itu: "Firrutbatillati Laisa Fauqaha Rutbah, suatu tingkat seruan yang tidak ada lagi yang lebih tinggi dari itu".

Khusus kata-kata "Fattabi’uni" dapat pula diijelaskan dengan hadis Nabi SAW yang diriwayatkan Attirmidzi: Fattabi’uni maksudnya: Mengikuti jejak Nabi SAW pada garis besarnya dalam berbuat kebajikan dan taqwa, kerendahan hati dan kesederhanaan. 

Bagaimana Cara Mewujudkannya 

Bagaimana cara mewujudkan mahabbah kepada Allah dan RasulNya SAW diuraikan dalam ayat berikutnya yaitu QS Ali Imran 32: "Taatlah kepada Allah dan RasulNya, jika kamu berpaling maka sesungguhnya ketahuilah bahwa Allah tidak menyukai orang-orang kafir".

Taatlah kepada Allah yakni dengan mempedomani Al Quran dan taatlah kepada RasulNya dengan melaksanakan sunnahnya yang menjabarkan perintah dan larangan, dan lain sebagainya yang terdapat dalam Al Quran. Amal sholih yang diperintahkan dalam Al Quran baru berterima di sisi Allah jika sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW, diiringi dengan keikhlasan mengharap ridhaNya. "Mukhlishina lahuddin" (QS Al-Bayyinah 5).

Ketaatan-ketaatan itu merupakan satu kesatuan. Tidak sempurna ketaatan kepada Allah jika maksiat kepada Rasulullah SAW, seperti dikuatkan antara lain pada QS An-Nisa’ 80. Barangsiapa yang taat kepada RasulNya SAW berarti ia juga taat atau mematuhi Allah SWT.

Untuk lebih jelas lagi, hal-hal yang disukai Allah yang disebutkan dalam Al Quran antara lain: Innalloha yuhibbul muhsinin, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan karena menyadari pengawasan Allah, Al-muqsithin yang berbuat adil, Asshobirin, orang-orang yang sabar, Attawwabin, orang-orang yang bertobat, Almuttaqin, orang-orang yang bertaqwa, dan lain-lain.

Sebaliknya Allah membenci orang yang berpredikat Al-mu’tadin yakni orang yang suka sewenang-wenang oleh karena kekuasaan, pangkat dan jabatan, karena banyak harta, dan lain-lain. Al-mufsidin, orang yang berbuat kerusakan, Al-khainin, para pengkhianat, Al-mustakbirin, orang yang sombong, arogan, Azhzholimin suka menindas orang lain, dan lain sebagainya.***

Sumber dari : Analisa Daily

42 comments

February 11, 2012 at 5:13 PM

Good info, Dab! Watashi wa Rasulullah o aishite imasu...

February 11, 2012 at 5:28 PM

mantab ... sob, yg satu ini idem ane sob :D

February 11, 2012 at 6:06 PM

allahu akbar!!

February 11, 2012 at 6:18 PM

@eksak waaaaaah ahahahahaha. . .ore mo :D

February 11, 2012 at 6:19 PM

@Stupid monkey he eh sob yang ini idem dan bikin adem :D

February 11, 2012 at 6:19 PM

@haris widodo Allahu Akbar. . .

February 11, 2012 at 6:30 PM

ilustrasi gambarnya unik, nyindir juga .
biasanya kan banyak orang berkeluh kesah di sono noh .. hehe

February 11, 2012 at 7:39 PM

Kiddddo! Lagi-lagi pas masuk sini passss dpt blog km yg sesuai dg hati saya. Thanks bwat sharingnya ;)

Btw ilustrasinya mantap! Passsssss

February 11, 2012 at 11:48 PM

Amal sholih yang diperintahkan dalam Al Quran baru berterima di sisi Allah jika sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW, diiringi dengan keikhlasan mengharap ridhaNya
BERARTI KITA HARUS MENJAUHI AMALAN-AMALAN BID'AH DALAM BERIBADAH...btw nice sharing:)

February 12, 2012 at 5:30 AM

setuju masyaAllah :)
ayo, buktikan cinta pada Allah~

February 12, 2012 at 9:36 AM

@radeonfire hahahaha iyah, semoga bisa jadi pembelajaran :D InsyaAllah

February 12, 2012 at 9:39 AM

@Syamatahari waaaaah syam. . .syukur Alhamdulillah, iyaaaaa semoga bermanfaat ya syam :D

hehehehe, mantaaaaap

February 12, 2012 at 9:41 AM

@Muro'i El-Barezy TEPAT. . .UNTUK APA BERDALIH MENYEMPURNAKAN AGAMA ISLAM DENGAN BID'AH?? SEDANGKAN AGAMA ISLAM SENDIRI SUDAH SEMPURNA. . .
semoga kita tidak berada digolongan2 tersebut. . .InsyaAllah :)

syukron mas bro. . .

February 12, 2012 at 9:42 AM

@Nurmayanti Zain eeeehhh. . .
tentu saja. . .saat ini berusaha membuktikannya, InsyaAllah :)

February 12, 2012 at 2:34 PM

cinta kpd Allah & Rasul-Nya emank cinta tertinggi diantara bbrp cinta yg ada..,smg cinta kita kpd Allah Rasul-Nya melebihi apapun yg ada didunia ini.., Aamiin...., nice post... barakallahu.. *smile

February 12, 2012 at 2:42 PM

Artikel yg insya Allah brmanfaat..., emank skrg bnyk org senang berlama2 main FB, TW, drpd berlama2 dihadapan-Nya.., smg allah & Rasul-Nya menjadi tujuan utama kita hidup di dunia ini.., Aamiin.. :D

February 12, 2012 at 9:28 PM

Keren tuh gambarnya. Ijin pajang y

February 12, 2012 at 9:56 PM

@Rohis Facebook aamiin aamiin aamiin, InsyaAllah

cinta paling sempurna tuh hehehe, ga pernah bikin sakit hati :D

syukron mas bro. . .

February 12, 2012 at 9:58 PM

@Lentera Langit aamiin, semoga bermanfaat InsyaAllah.
ahahahahaha iyah banyak yang meng-update aib, yang paling sering tuh pas galau ahahahaha Ya Allah. . .

February 12, 2012 at 9:58 PM

@Diat silahkan sob. . .with my pleasure :D

February 12, 2012 at 10:44 PM

minjem gambar ya, buat di bagi-bagin ke orang-orang ya sob :D

February 12, 2012 at 10:51 PM

@Stupid monkey ambil ajah sob. . .hehehe semoga bermanfaat :D InsyaAllah

February 12, 2012 at 11:16 PM

huahaha...pas sekali... :)

February 12, 2012 at 11:17 PM

Mmm.. Tanda2 cinta Allah apa aja, ya? Cara menumbuhkan cinta itu gimana? Honestly, saya belum yakin kalo saya mencintai Allah lebih dari apapun di dunia ini.

February 12, 2012 at 11:54 PM

@Puspita Resky Amaliyah ahahahahaha semoga bermanfaat pipit :D InsyaAllah

February 12, 2012 at 11:54 PM

alhamdulillah...
saya postingan ini..
saya suka blog ini, sarat dgn ilmu dan hikmah..

February 13, 2012 at 12:15 AM

@Millati Indah tanda2 cinta kepada Allah ya. . .lebih gampangnya menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, dengan mengharap ridho Allah lalu kalau caranya. . .sepertinya sudah ada diatas :D

sama2 masih belajar kok. . .yang penting tetap semangka. . .semangat karena Allah, InsyaAllah

February 13, 2012 at 12:24 AM

woy, ma bro kid.
lewat yah? Domei ora?

nyepam ora jelas.

February 13, 2012 at 12:50 AM

@Insan Robbani Syukur Alhamdulillah. . .
semoga membawa manfaat sob, InsyaAllah

syukron. . .

February 13, 2012 at 12:51 AM

Kunjungan malam sobat
Memang ya kadang kita itu terlalu cita sama harta, sampai kadang- kadang kita lupa beribadah
Nice post sobat

February 13, 2012 at 1:00 AM

@haris widodo wkwkwkwkwkwkwkw sakarempu mas bro haris hehehehe :D

February 13, 2012 at 1:05 AM

@rizki_ris padahal cita dan cinta adalah anugrah Allah. . .seharusnya dikembalikan pada Nya dulu baru kepada makhluknya ^____^

http://kaitokidd.blogspot.com/2011/12/segala-perasaan-itu-indah-jika.html

syukron kunjungannya sobat. . .
jazakumulloh khoiron katsiro

February 13, 2012 at 6:32 AM

Umm, yang ketaatan tu yah? Saya nangkepnya tu cara biar mendapatkan ridho dan cinta Allah. Hehehe..

February 13, 2012 at 11:17 AM

SAMPE SKRANG MASIH menggali dan menggali ....

mudahan ini bisa diijin copas yah?

February 13, 2012 at 11:22 AM

@Millati Indah yup. . .itu salah satu anda mencintaiNya kan ^____^ hehehe

February 13, 2012 at 11:24 AM

@Annur EL- Kareem InsyaAllah tentu saja dari sumber aslinya bersedia memberi ijin untuk dicopas

ana juga masih menggali dan terus menggali. . .

semangka :D

February 13, 2012 at 11:35 AM

adem nih :D
kalo mengadu pada blogger ada g?

February 13, 2012 at 5:31 PM

@jiah al jafara ahahahahah :D
ada sih. . .paling kena semprot wkwkwkwkwkwk

February 15, 2012 at 11:05 AM

Nice post.. Jadi nambah ilmu nih..

Eh template kita sama yah,hihi.. Salam dari si pengagum hujan :)

February 15, 2012 at 5:56 PM

@Hana Nuraini Syukron. . .semoga bermanfaat ya. . .InsyaAllah

he eh. . .persis :D
salam dari Prince Of Rain :)

Anonymous
June 13, 2012 at 1:51 PM

aku ngefans bgt dgn blog ini

December 27, 2013 at 12:57 PM

menarik sekali gan artikelnya,,, cocok sekali dengan isi hati yang saya alami.dan sangat bermanfaat

Post a Comment

Hujan telah menemuimu. Kini giliranmu. Sampaikan kesanmu tentangnya.

Powered by Blogger.
Strawberry On Top Of Cupcake

Weather Palace

Hitori Janai

Don't Stop Dancing