jazakumulloh khoiron katsiro atas kunjungannya
60

Solo Tenggelam Dalam Hikmah

Bismillah

SOLORAYA TENGGELAM 

Bengawan Solo meluap

Hujan deras yang mengguyur Soloraya, Minggu (1 Januari 2012), membuat ribuan warga Solo yang tinggal di bantaran Bengawan Solo tak tenang. Air sungai terus meninggi dan mulai menggenangi permukiman. Tak ayal mereka harus mengungsi.

nampak bekas ketinggian air sebelumnya

Waktu sudah beranjak Senin (2 Januari 2012) dini hari kala air mulai masuk kepemukiman penduduk. Malam itu, warga bantaran Bengawan Solo tak bisa tidur dengan lelap. Hujan yang mengguyur sejak Minggu siang membuat mereka waswas. Kekhawatiran datangnya banjir akhirnya terbukti.

Ribuan warga menjauh dari aliran sungai membawa serta barang-barang yang bisa diselamatkan. Tak hanya rakyat biasa, Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang tinggal di Pucang Sawit, Jebres pun ikut mengungsi. Bersama keluarganya, orang nomor satu di DPC PDI Perjuangan ikut mengungsi.

Arus lalu lintas dialihkan

Jelas saja banjir ini berdampak pada arus lalu lintas yang berbuntut kemacetan. Inilah saat kita diuji kesabarannya, dalam kehidupan ini kita terkadang merasa lebih dari orang lain. Salah satunya mengecap diri kita sebagai orang yang sabar, pertanyaannya adalah apakah kita termasuk orang yang sabar? Apa masih sabar kah bila kita menghadapi kendala? Seperti menghadapi banjir misalnya.

Postingan kali ini ingin sekali membahas hikmah dibalik banjir yang sekarang ini jadi trend Negara Indonesia. Lalu, dapatlah sebuah artikel yang sangat sangat sangat bagus tentang hikmah tersebut. Berikut artikelnya :

HUJAN ADALAH RAHMAT

Rabu, 11 Januari 2012 07:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh Dr H Samsul Maarif MA

Saat ini, hampir seluruh wilayah di Indonesia dilanda hujan. Bahkan, sejumlah daerah sudah mengalami banjir. Kejadian hujan dan banjir oleh sebagian warga dianggap sebagai musibah atau bencana bukan dianggap sebagai rahmat. Anggapan seperti ini adalah bentuk negative thinking dalam menyikapi fenomena alam. Padahal, sebagai umat yang berpikir maju ke depan seharusnya hujan dan banjir disikapi dengan positive thinking, sehingga semua segera dapat diselesaikan dengan baik dan berencana.

Memang benar ada hujan dan banjir yang merupakan suatu bencana bagi penduduk tertentu sebagaimana yang terjadi pada masa Nabi Nuh AS (QS Hud [11]: 37, al-Qamar : 11-12), atau hujan batu pada masa Nabi Luth AS. Hal ini berbeda jika banjir yang terjadi seperti pada keluarga Saba' (Abd Syams bin Yasyjab bin Ya'rab bin Qahthan (QS Saba' [34]: 16) dengan berbagai kriteria yang dinyatakan dalam Alquran.

Apa pun bentuknya, hujan adalah berkah yang diturunkan oleh Allah, sebagaimana firman Allah pada surah al-Anfal [8]: 11), al-Furqan [25]: 48-49, dan lainnya. Hujan itu menjadi berkah untuk membersihkan dari berbagai hal, menumbuhkan tanah yang mati, dan lain sebagainya. Jika kita melihat struktur air, maka dapat ditemukan dalam satu molekul air terdiri atas satu atom oksigen yang besar (bermuatan positif) ditempeli dua atom hidrogen yang kecil (bermuatan negatif).

Karenanya, bagian oksigen molekul air tersebut masih dapat menarik atom hidrogen dari molekul air lainnya, termasuk zat-zat kimia lain. Selain sebagai pelarut yang baik, air juga termasuk makanan yang sangat penting bagi manusia, setelah oksigen dari udara untuk bernapas.

Dalam salah satu hadisnya, Nabi SAW menyatakan bahwa doa ketika sedang hujan oleh Allah dikabulkan. "Doa ketika (di mana doa) tidak ditolak atau sedikit sekali yang ditolak: (yaitu) berdoa ketika adzan dan ketika pertempuran sedang berkecamuk (dan dalam satu riwayat mengatakan) dan ketika hujan." (HR Abu Daud).

Sedangkan kejadian banjir karena hujan tidak diperkenalkan dalam Alquran. Sebab, Alquran memperkenalkan hujan sudah sesuai dengan ukuran yang sesuai dengan kapasitas bumi. (QS al-Mu'minun [23] :18). Banjir merupakan human and social error, kesalahan manusia dan kesalahan sosial, kesalahan lingkungan sosial yang tidak akrab dengan ekosistem dan bukan "God Error." Curah hujan tetaplah sebagai rahmat Allah untuk alam semesta. Hanya saja, penghuni alam semesta ini (utamanya manusia) menolaknya dengan berbagai cara.

Penyebab terjadinya banjir adalah karena kesalahan manusia. Bagi orang yang beriman, banjir tidak semata-mata musibah, tapi bagaimana ia menjadi rahmat. Caranya adalah dengan berupaya melakukan antisipasi atau mengatasi banjir tersebut. Dengan banjir, banyak ahli bermunculan. Dengan banjir, tersedia beragam lapangan pekerjaan. Bahkan, dari banjir orang dapat beramal melalui penghimpunan dana untuk membantu korban banjir. Karena itu, dengan adanya banjir, hendaknya kita senantiasa mensyukuri nikmat Allah untuk saling berbagi dengan sesama. Kita harus banyak mengingat Allah SWT yang Maha Bijaksana atas segala kuasa-Nya.


Nah, mantap sekali bukan?? Itulah sebabnya kita sebagai seorang manusia yang tidak tau apa-apa dituntut untuk selalu menyikapi sesuatu dengan bijak. Gunakan perasaan dan logika anda secara balance dengan bertumpu pada Agama yang fitrah, yaitu Islam. Dan jangan sekalipun berburuk sangka pada Allah yang Maha Mengetahui alam semesta ini.

Semoga dengan postingan ini anda mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian. Dan tentu saja semakin meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan, InsyaAllah. Toh kerusakan di bumi ini terjadi karena ulah manusia, manusia pula lah yang nantinya akan terkena dampaknya.

60 comments

January 18, 2012 at 8:51 AM

iya terlalu bnyk yg judge hujan itu penyebab banjir, penyebab longsor. apalah. intinya mengkambinghitamkan.

January 18, 2012 at 8:55 AM

@hima-rain aneh sekali yah hehehe, dikasih hujan mengeluh, eeehh ga dikasih hujan mengeluh juga. . .

January 18, 2012 at 9:19 AM

setiap hal it ada sisi positif atau negatif, tgantung kita melihat dari sisi yang mana
=D

January 18, 2012 at 9:46 AM

@Kaito Kiddmanusia tak pernah puas. sy malu kalo banyak ngeluh, pernah ditegur. "jangan trlalu bnyk mengeluh, itu tanda2 org tdk bersyukur". Langsung diam saya :D

January 18, 2012 at 11:01 AM

@hima-rain ahahahaha ana sendiri saja kadang masih ngeluh ini itu, Ya Allah

January 18, 2012 at 11:01 AM

@-ka tentunya dari sisi agama lebih jelas sudut pandangnya pasti :p

smartputri
January 18, 2012 at 11:04 AM

Bersyukurlah masih untung air hujan mw membasahi bumi bgmn klu air hujan sudah gk mw lg membasahi bumi..smua ada jalan'y dan hikmah dari Allah..Sekeras apapun pola pikir kita dan apa yg kita ikhtiarkan ALLAH tak mungkin keliru dan salah ALLAH yg menentukan kebaikan untuk segala aspek hidup kita..Yakinlah ALLAH sllu bersama kita..Amin

January 18, 2012 at 11:47 AM

@smartputri Smartputri
woaaaah syukron kunjungannya puput hehe. . .
he eh gimana kalau udah ga turun yah?? bukannya air adalah sumber kehidupan :p
Exactly, Allah Maha Mengetahui apa-apa yang terbaik untuk makhluknya
I believe, Allah beside us ^____^

January 18, 2012 at 11:48 AM

mantap sob.., postingan yg bijak.., yg pastix mutlak bhwa hujan i2 adalah berkah.., persoalan mau banjir dll i2 adalah keslahan manusia..., thx sharex akhi. ;)

January 18, 2012 at 12:05 PM

saya lihat hujan dari sisi yang mana saja deh :)
salam kenal ^^

January 18, 2012 at 12:11 PM

@Rohis Facebook Syukron, semoga membawa manfaat InsyaAllah hehehe
sama-sama akhi :)

January 18, 2012 at 12:13 PM

@jiah al jafara hujan dari sisi manapun teap saja awesome, right?? hehehe :)

salam kenal ^____^

January 18, 2012 at 1:29 PM

hujan juga membuat inspirasi liar mengalir (baca: menulis). Tapi pemerintah tetap harus melakukan langkah solutif tidak sekadar penanganan insidental..
nice mas bro

blogwalking pagipagi brrrr

January 18, 2012 at 1:43 PM

@Kampung Karya Begitulah hujan selalu memberikan kejutan hehe. . .
Rakyat seperti kita sepertinya juga harus sadar diri, bener ga mas bro :p
Syukron :D

lhaaah. . .di belahan bumi bagian mana anda??? kenapa pagi2 hahahahaha

January 18, 2012 at 2:05 PM

@Kaito Kiddbener banget mas bro.. saya di Afrika hahaha

January 18, 2012 at 2:17 PM

@Kampung Karya ahahahahaha pantesan :p
tapi masih menginjak bumi yang sama kan hehehe

January 18, 2012 at 4:30 PM

betul sob, hujan itu adalah Rahmat, jangan salah artikan, adapun musibah yang terjadi juga merupakan Rahmat, tinggal kita lah yang harus bisa berintrospeksi diri.

btw jemuran ane gak kering-kering nih, ujan gak ada berentinya ,wew ;)

January 18, 2012 at 5:07 PM

iya karena dibalik hujan yang deras,banyak dari mereka yang mencari nafkah pas adanya hujan seperti tukang ojek payung

January 18, 2012 at 8:34 PM

@Stupid monkey correct :D

wkwkwkwkwkwkw senasib, udah dua hari ga kering ini

January 18, 2012 at 8:37 PM

@Andy waaaaaah ojek payung, he eh bole bole

salam ^____^

January 18, 2012 at 11:54 PM

artikelnya sangat menarik, saya setuju bgt kalau hujan merupakan rahmad Illahi. walaupun terkadang membawa bencana bagi manusia, namun wajar karena bencana itu adalah cobaan.....

January 18, 2012 at 11:58 PM

Saya suka hujan jadi tolong yah.... jangan ada yang salahkan hujan atau mengeluh krn datangnya hujan.

well saya suka paragraf penutupnya kiddo. Karen Pada dasarnya manusia suka mengkambinghitamkan sesuatu yang justru tak bisa membela diri :)

January 19, 2012 at 12:58 AM

@Kaito Kiddwah, efek bakal apek ini pakean, ;)

January 19, 2012 at 7:29 AM

Sobat, ada yang harus anda jelaskan di tempat saya ;)

January 19, 2012 at 7:44 AM

beh, hujan terkadang berkah tapi terkadang musiah jg,,,,
lam knal yahhhh..
followback lg yahhhhh

January 19, 2012 at 7:58 AM

Memang lagi musimnya ya sob, semua pada kebanjiran...oya ada bingkisan kecil buat sobat,kalo sudi silakan diambil ya...g ausah bawa kontainer..wkwkkwk...

January 19, 2012 at 9:51 AM

Hujan itu seperti api. Kalo sedikit jadi sahabat, kalo kegedean jadi musuh. Gitu kaliy ya.

January 19, 2012 at 12:52 PM

@Stupid monkey makanya stumon pake molto pewangi, wkwkwkwkwkwkwk

January 19, 2012 at 12:54 PM

@Pemula Syukron bang :D
dan cobaan bisa menjadi bentuk rasa sayang Allah kepada hambanya hehehe

January 19, 2012 at 1:00 PM

@Syam Matahari syam, he eh kalau masih ada yang mengeluh dan menyalahkan hujan kita bawa ke meja hijau yah, sewa pengacara :p

syukron syam, benar sekali ^____^

January 19, 2012 at 1:02 PM

@Stupid monkey eehh ada apa gerangan stumon mengundang saya hehehe
okee okeee otw ke TKP :D

January 19, 2012 at 1:10 PM

@bredmart hehehe misalpun jadi musibah, pasti ada alasannya,

kita lihat apa yang diri pribadi telah lakukan? misal diri pribadi merasa tidak melakukan sesuatu yang salah, maka kita lihat apa yang keluarga kita lakukan? kalau merasa tidak melakukan salah, lalu kita lihat apa yang lingkungan di sekeliling kita lakukan? ahh sepertinya lingkungan kita baik2 saja, baiklah kita lihat apa yang negara kita lakukan? dan kalau masih belum, kita lihat apa yang dunia lakukan ^_____^

yang penting cara menyikapi kita

salam kenal :)
sure, with my pleasure
syukron

January 19, 2012 at 1:14 PM

@Muro'i El-Barezy uwaaaaaaa jarang2 nih dapet bingkisan, MasyaAllah
pasti lah sudi menerimanya dengan senang hati
Alhamdulillah ga punya kontainer, bisa diambil jalan kaki saja ga mas bro wkwkwkwkwk ^____^

Alhamdulillah
syukron. . .

January 19, 2012 at 1:18 PM

@21inchs hehehe ^____^
orang beriman selalu punya cara sendiri untuk menata hatinya, meski terkadang mimpinya berlawanan dengan apa yang diterima dalam kehidupan. . .
saat mendapat musibah air matanya menetes, tapi hatinya terilhami untuk meyakini bahwa apa yang di berikan Allah padanya pasti yang terbaik baginya. . .
fisiknya mungkin lelah, pikirannya mungkin penat, tapi tidak dengan hatinya yang terus yakin bahwa ujian Allah datang sebagai tanda bahwa Allah sayang padanya. . .
bukankah renccana Allah itu indah??

salam. . .
^____^

January 19, 2012 at 2:10 PM

musibah tengah melanda negeri kita tercinta..
dari malang, ana turut berduka.. semoga tetap tabah dalammenghadapi setiap ujian dan cobaan dariNya..
dan saya denger2, sahabatku yg satu ini akan menikah? apakah benar? hehehe..
selamat sahabat..
selamat menempuh hidup baru nantinya..
jazakumullah.. :)

January 19, 2012 at 2:49 PM

@Outbound Malang hahahaha baru rencana InsyaAllah
syukron doanya Outbound Malang ^____^ hehehe
aamiin aamiin aamiin

January 19, 2012 at 3:45 PM

Pernah rumah gue kena banjir juga, mungkin memang karena lingkungannya yang sudah menjadi langganan banjir. Ya cara lain mungkin bila tidak bisa dibenahi, ya mau gak mau mending dihindari alias pindah rumah ketempat yang lebih layak.

January 19, 2012 at 3:57 PM

berkunjung aja yah gan
salam kenal..??

January 19, 2012 at 4:15 PM

@Kaito Kidd
iya betul sekali,
wah bijaksana sekaliy.

January 19, 2012 at 6:05 PM

@Kaito Kiddhmmm .. iklan ;)

January 19, 2012 at 6:56 PM

@ockta silahkan silahkan ^____^
minumannya ambil sendiri yah mas bro, tuh tinggal ngumpulin butiran airnya hehehe maklum belom sempet masak air :p

salam kenal. . .

January 19, 2012 at 6:58 PM

@HEЯRY yah mungkin memang itu jalan terbaik buat anda InsyaAllah, atau mungkin malah sekarang lingkungannya lebih bersahabat dan lebih layak?? aamiin semoga saja

January 19, 2012 at 6:59 PM

@21inchs InsyaAllah hehehe
baru belajar juga ana. . .

January 19, 2012 at 7:04 PM

@Stupid monkey aiiihhhh lupaaa =)) =))
ulang deh
makanya stumon pake tuuuuuuuut (sensor), wkwkwkwkwkwkw

January 19, 2012 at 7:45 PM

@Kaito Kiddmeja hijau, kenapa gak meja biru ajah ;)

January 19, 2012 at 7:46 PM

@Kaito Kiddcie .. cie ...;)

January 19, 2012 at 8:33 PM

@Stupid monkey

bang stumon sama Kai terlihat mesrah sekaliiy siiiy :P

January 19, 2012 at 8:35 PM

sudahkah saya bersahabat dengan alam?
sudahkah saya ramah lingkungan?

bukan salah hujan turun, tapi salah anda mengandung (lho?) :))

January 19, 2012 at 8:49 PM

@Stupid monkey kalo meja biru dikira warteg lah =))

January 19, 2012 at 8:50 PM

@Stupid monkey cie cie cie. . .
:p

January 19, 2012 at 8:51 PM

@Feat Everyone nah?? wkwkwkwkwkwkwk :))

January 19, 2012 at 8:53 PM

@Feat Everyone Alam, salam kenal (jabat tangan) :p

pagi lingkungan
siang lingkungan
sore lingkungan
malam lingkungan
sudah makan belum lingkungan
jaga kesehatan yah lingkungan :p

untung ana ga bisa mengandung :p

January 20, 2012 at 12:36 AM

@Kaito Kiddwew .. ;(

January 20, 2012 at 5:12 AM

masyaAllah~
hujan memang akan selalu menjadi berkah
(^_~)/ nice!

January 20, 2012 at 6:21 AM

@Nurmayanti Zain MasyaAllah ^____^ iyah

January 20, 2012 at 6:22 AM

@Stupid monkey wow :p

January 26, 2012 at 10:45 PM

Istilah Soloraya itu merujuk ke mana ya? Surakarta dan Karanganyar kah? @_@

January 27, 2012 at 6:21 AM

@Una soloraya itu merujuk ke daerah Surakartanya hehehe beda lagi sama karanganyar. . .
ada juga Kartasura, nah kalo ini masuk daerah Sukoharjo

hehehehe ^_____^

January 27, 2012 at 10:52 PM

@Kaito Kidd Oalah, kan isunya mau jadi provinsi baru. Mbuh ding...

January 27, 2012 at 11:08 PM

@Una ehhhh?? moso si?? aku malah lagi krungu darimu una ahahahahahaha

Post a Comment

Hujan telah menemuimu. Kini giliranmu. Sampaikan kesanmu tentangnya.

Powered by Blogger.
Strawberry On Top Of Cupcake

Weather Palace

Hitori Janai

Don't Stop Dancing