jazakumulloh khoiron katsiro atas kunjungannya
35

Kekuatan Tersembunyi Petir


Di malam hari, saat hujan deras, langit tiba-tiba menyala, tak lama kemudian disusul oleh suara menggelegar. Tahukah Anda bagaimanakah petir luar biasa yang menerangi langit muncul? Tahukah Anda seberapa banyak cahaya yang dipancarkannya? Atau seberapa besar panas yang dilepaskannya?

Satu kilatan petir adalah cahaya terang yang terbentuk selama pelepasan listrik di atmosfer saat hujan badai. Petir dapat terjadi ketika tegangan listrik pada dua titik terpisah di atmosfer – masih dalam satu awan, atau antara awan dan permukaan tanah, atau antara dua permukaan tanah – mencapai tingkat tinggi.

Kilat petir terjadi dalam bentuk setidaknya dua sambaran. Pada sambaran pertama muatan negatif (-) mengalir dari awan ke permukaan tanah. Ini bukanlah kilatan yang sangat terang. Sejumlah kilat percabangan biasanya dapat terlihat menyebar keluar dari jalur kilat utama. Ketika sambaran pertama ini mencapai permukaan tanah, sebuah muatan berlawanan terbentuk pada titik yang akan disambarnya dan arus kilat kedua yang bermuatan positif terbentuk dari dalam jalur kilat utama tersebut langsung menuju awan. Dua kilat tersebut biasanya beradu sekitar 50 meter di atas permukaan tanah. Arus pendek terbentuk di titik pertemuan antara awan dan permukaan tanah tersebut, dan hasilnya sebuah arus listrik yang sangat kuat dan terang mengalir dari dalam jalur kilat utama itu menuju awan. Perbedaan tegangan pada aliran listrik antara awan dan permukaan tanah ini melebihi beberapa juta volt.

Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat Celcius. Suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat Celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petir terkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Panas yang luar biasa ini berarti bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada di muka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari tingginya 700.000 derajat Celcius. Dengan kata lain, suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Sebagai pembanding, satu kilatan petir menyinari sekelilinginya secara lebih terang dibandingkan ketika satu lampu pijar dinyalakan di setiap rumah di Istanbul. Allah mengarahkan perhatian pada kilauan luar biasa dari petir ini dalam Qur'an,

"...Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan." (QS. An Nuur, 24:43)

Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan 96.000 km/jam. Sambaran pertama mencapai titik pertemuan atau permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju ke awan dalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik. Suara guruh yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya, udara tersebut memuai dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalam rentang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udara atmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinya guntur dan petir yang susul-menyusul.

Saat kita merenungi semua perihal petir ini, kita dapat memahami bahwa peristiwa alam ini adalah sesuatu yang menakjubkan. Bagaimana sebuah kekuatan luar biasa semacam itu muncul dari partikel bermuatan positif dan negatif, yang tak terlihat oleh mata telanjang, menunjukkan bahwa petir diciptakan dengan sengaja. Lebih jauh lagi, kenyataan bahwa molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting untuk tumbuhan, muncul dari kekuatan ini, sekali lagi membuktikan bahwa petir diciptakan dengan kearifan khusus.

Allah secara khusus menarik perhatian kita pada petir ini dalam Al Qur'an. Arti surat Ar Ra’d, salah satu surat Al Qur'an, sesungguhnya adalah "Guruh". Dalam ayat-ayat tentang petir Allah berfirman bahwa Dia menghadirkan petir pada manusia sebagai sumber rasa takut dan harapan. Allah juga berfirman bahwa guruh yang muncul saat petir menyambar bertasbih memujiNya. Allah telah menciptakan sejumlah tanda-tanda bagi kita pada petir. Kita wajib berpikir dan bersyukur bahwa guruh, yang mungkin belum pernah dipikirkan banyak orang seteliti ini dan yang menimbulkan perasaan takut dan pengharapan dalam diri manusia, adalah sebuah sarana yang dengannya rasa takut kepada Allah semakin bertambah dan yang dikirim olehNya untuk tujuan tertentu sebagaimana yang Dia kehendaki.


Keindahan Yang Terlihat Selama Setengah Detik

Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengah kecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara.

35 comments

January 28, 2012 at 8:05 AM

subhanallah. Memang ketika ada petir kita khususnya saya mengucap subhanallah.

Petir adalah energi tersembunyi.

January 28, 2012 at 8:50 AM

subhanallah. Allahuakbar

January 28, 2012 at 8:59 AM

hujan, petir,
req guntur yah :-D

January 28, 2012 at 9:17 AM

mamaaa tolong sy tidak mengerti @-@ :? :?

January 28, 2012 at 11:10 AM

subhanallah,,, petir, guntur bertasbih,,, tdak kalah dengan rumput yang bergoyang
smw memujiNYA

syukron ilmunya

January 28, 2012 at 11:30 AM

Nice Post

January 28, 2012 at 12:46 PM

@haris widodo he eh, memang SubhanAllah sekali. . .
energi yang luar biasa
KuasaMu Ya Allah

January 28, 2012 at 12:47 PM

@Diat SubhanAlalh. . .
Allah Maha Besar

^____^

January 28, 2012 at 12:48 PM

@jiah al jafara ahahahahaha iyah :D
mantap kan ^_____^

January 28, 2012 at 12:49 PM

@hima-rain semoga saja nanti miss electricnya datang kesini hima ahahahahaha :D

January 28, 2012 at 12:56 PM

@Annur EL- Kareem benar-benar Maha Sempurna Allah ya ^____^

waiyyaki anti

January 28, 2012 at 1:01 PM

@SAZLINA COMP syukron hehehe
terima kasihnya di estafetkan lagi ke artikel aslinya milik Harun Yahya

ana cuma memposting ulang ^____^
semoga bermanfaat

January 28, 2012 at 1:15 PM

wew kren tuh gambar petirnya,subhanalah memang allah maha besar,

January 28, 2012 at 2:13 PM

subhanallah.. wahh.. saiia baru tahu kalau petir mengandung molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting buat tumbuhan... kang.. Indonesia dulu dikenal dengan negeri yang kaya akan sumber alam, yakni.. garis pantai terpanjang di dunia, kebayang tuu hasil lautnya seperti apa jika di manfaatkan.. lalu belakangan, ternyata di balik banyaknya gempa di Indonesia, ternyata itu juga mengandung sumber energi terbesar dunia yang benar2 hanya ada di Indonesia (baik dari lava, magma dsb akibat tumbukan lempeng sepanjang sumatera-jawa) dan inipun luput pemanfaatannya oleh pemerintah, karena memang kita masih belum mampu mengolahnya.. kini ada satu lagi yang terdahsyat.. petir.. terbukti bahwa manusia dulu itu lebih canggih dan kreatif walau hanya ngayal.. gundala seorang yang mampu menguasai dan menggunakan petir.. andai 3 kekuatan energi tersebut bisa di manfatkan Indonesia menyongsong abad Planeter ini.. ckckckckckck.. subhanallah..

January 28, 2012 at 3:44 PM

Subhanallah...

tak terbahasakan deh intinya luar biasa, sesuatu :D

January 28, 2012 at 4:22 PM

biasanya langit menyala trus listrik di rumah padam alias mati lampu, gara2 petir nyamber PLN.
masya Allah ... :)

January 28, 2012 at 7:57 PM

keren mas ^ ^ infonya bagus bgt ^ ^ ..

mampir-mampir yah di blog sederhana saya mas - mba om semuanya ..
jgn lupa follow ^ ^ ..

terimakasih ^ ^

January 28, 2012 at 9:44 PM

kilat petir memang indah dpandang, tp myeramkn ddengar
=(

January 28, 2012 at 10:57 PM

maha besar Alloh swt. yang telah menciptakan petir dengan sempurna tanpa cacat..

January 29, 2012 at 1:55 AM

mau tau tempat menyaksikan kilat paling enak, lengkap, dan dijamin sangat mengagumkan ??? silahkan hub. 0812876xxxx untuk pembayaran, terima kasih ;D

January 29, 2012 at 4:57 AM

masyaAllah :)
petir, keindahan yang terlihat selama setengah detik

January 29, 2012 at 6:10 AM

Nice post kiddo! Tapi saya gak suka petir, guntur, kilat dan sejenisnya :)

January 29, 2012 at 8:53 AM

@BLOGCUNAYZ gambarnya bisa lihat di opung google kok hehehe
memang keren sekali KuasaNya

syukron ^____^

January 29, 2012 at 9:01 AM

@Belajar Photoshop waaaaaaaah membuktikan sekali bahwa semua yang terjadi di alam semesta ini mempunyai hikmah tersendiri apapun bentuknya, dan dibalik semuanya tentu saja tidak terjadi dengan sendirinya kan, ya Dia lah Allah Yang Maha Sempurna

ahahahahaha, benar sekali aku masih ingat film itu :D

Indonesia KOFTTE *Keep Fighting Till The End
InsyaAllah

Syukron. . .
salam ^____^

January 29, 2012 at 9:03 AM

@Feat Everyone yup. . .so awesome so beauty so perfect
No ore word can say ^____^

January 29, 2012 at 9:05 AM

@eksak hahahaha coba ambil hikmahnya saja kalau begitu :D Ya Allah

January 29, 2012 at 9:07 AM

@Scribble-Me masih banyak artikel2 keren lainnya lhoh, bisa anda kunjungi di sumber postingan ini, semoga bermanfaat ^____^

sure, InsyaAllah

sama-sama ^____^

January 29, 2012 at 9:08 AM

@-ka tapi menurutku tak semenyeramkan suara giant di kartun doraemon tuh ahahahahaha :D

January 29, 2012 at 9:10 AM

@usaha sukses yeess, saatnya saya bilang sempurna ^____^

syukron. . .
salam

January 29, 2012 at 9:11 AM

@Stupid monkey stumon, biasanya kalo perdana kan dapet discount, atau malahan free. . .tester dulu lah hahahaha

January 29, 2012 at 9:12 AM

@Nurmayanti Zain he eh MasyaAllah. . .
dan bukan sebuah fatamorgana walaupun setengah detik ^____^

January 29, 2012 at 9:21 AM

@Syamatahari arigato syam :D
pertama kali suka petir waktu SD ketika study tour di ITB Bandung, ndeso sekali ekspresiku pas melihat bola kristal yang mengeluarkan lidah listrik yang ketika menyentuhnya dengan ujung jari2, lidah listriknya mengikuti ujung jari2 kita, sangat kagum, sangat terpesona, benar2 cantik (bahkan waktu itu aku tidak mau bergantian dengan teman yang lain, ingin sekali kubawa pulang hahahaha)
Ya Allah. . .

January 29, 2012 at 10:21 AM

Aduh,,, atut kalo liat kilat...
ternyata menyimpan energi luar biasa yang bisa untuk diambil manfa'atnya ya. Makasih infonya, kawan ;) *sok kenal

Salam kenal... :D

January 29, 2012 at 10:49 AM

@Samaranji iya itu cuma sekecil ujung kuku dari bukti kebesaran Allah hehehe

salam kenal kawan. . .
syukron kunjungannnya ^_____^

Anonymous
January 6, 2013 at 9:22 AM

mentioned the majority settle their lending products in a timely manner not to mention lacking penalty charges
A number one personal debt charitable expects the number of persons switching to them pertaining to help around cash advance loans towards twin this specific. personal debt a good cause reveals close to buy the particular quick, great awareness financial products in 2010. The actual charitable trust pronounces 3 years earlier the volume of clientele using them ended up being trivial.
kredyty bez bik
pożyczka na dowód włocławek
http://kredyty-bez-bik.org.pl
pożyczki przez internet dla bezrobotnych
pożyczka bez bik na dowód

http://szybkapozyczka24.info.pl
http://szybkapozyczka24.info.pl
http://pozyczki-prwatne.org.pl

Post a Comment

Hujan telah menemuimu. Kini giliranmu. Sampaikan kesanmu tentangnya.

Powered by Blogger.
Strawberry On Top Of Cupcake

Weather Palace

Hitori Janai

Don't Stop Dancing